Jumat, 12 Juni 2009

Antikythera Mechanism: Komputer Mekanik Pertama di Dunia


Antikythera Mechanism merupakan suatu alat yang oleh para ilmuwan penelitinya disebut sebagai komputer pertama di dunia. Antikythera Mechanism ditemukan oleh para penyelam pada awal abad 20 di dekat Pulau Antikythera, Yunani. Alat ini ditemukan dalam reruntuhan sebuah kapal kargo. Tidak ada keterangan bagaimana alat ini bisa terdapat dalam kapal kargo yang karam. Melalui berbagai macam pengujian, para ilmuwan memperkirakan alat ini dibuat pada tahun 87 sebelum masehi.

Antikythera Mechanism merupakan suatu peralatan yang mirip dengan jam analog yang terbuat dari perunggu dengan frame dari kayu. Para peneliti berusaha untuk mempelajari Antikythera Mechanism dengan membuat replikanya. Dengan bantuan teknologi sinar-X, para ilmuwan berhasil mempelajari bagian dalam alat tersebut. Antikythera Mechanism terdiri atas sekitar 80 fragmen dan terdapat sedikitnya 30 gear didalamnya. Dengan kata lain, alat ini bekerja secara mekanis dengan sumber energi berupa gerakan yang dihasilkan oleh manusia. Para ilmuwan berhasil mempelajari mekanisme kerja alat tersebut dan membuat replikanya pada tahun 2006.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Antikythera Mechanism adalah sebuah “kalkulator astronomi” pada abad kedua dan pertama sebelum masehi. Yang menakjubkan, alat ini dapat menunjukkan informasi mengenai matahari, bulan, dan planet-planet lain secara akurat, antara lain mengenai pelacakan jejak bulan dan matahari pada rasi bintang, penghitungan gerhana bulan dan matahari, dan penghitungan kapan waktu olimpiade diselenggarakan.

Sumber : http://www.antikythera-mechanism.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar