Senin, 22 Juni 2009

Teliti Sebelum Menjawab!

Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini merupakan soal permainan matematika. Jawaban soal-soal tersebut sebenarnya sangat sederhana, hanya pertanyaannya memang agak menjebak. Oleh karena itu, bacalah pertanyaan dengan teliti sebelum Anda menjawabnya. Usahakan untuk tidak melihat jawaban terlebih dahulu sebelum mencari jawaban sendiri. Kalau sudah yakin, boleh melirik jawabannya di bawah. Selamat mencoba!
  1. Manakah yang lebih berat, 100 kg kerupuk atau 100 kg batu?
  2. Berapakah banyaknya tanah di dalam sebuah lubang di tanah yang panjangnya 5 meter, lebarnya 3 meter, dan kedalamannya 2 meter?
  3. Sebuah raket bulu tangkis dan sebuah shuttlecock harganya Rp 210.000,00. Harga raket Rp 200.000,00 lebih mahal daripada harga shuttlecock. Berapakah harga shuttlecock?
  4. Seorang petani merasa kesal karena kebunnya sering dirusak oleh babi hutan. Pada suatu sore, ia pergi ke kebunnya dengan membawa sepucuk senapan dan melihat 9 ekor babi sedang mengobrak-abrik kebunnya. Dengan satu tembakan, matilah seekor babi. Berapa banyak babi yang tersisa di kebunnya?
  5. Sebuah kapal bersauh di luar pelabuhan. Untuk memudahkan pengunjung naik, sebuah tangga dari tambang digantungkan di sisinya. Jarak antara anak tangga yang satu dengan lainnya adalah 0,4 m dan pada jam 10.00 sebanyak 10 anak tangga berada di atas permukaan air. Air pasang sedang naik dengan laju 1,5 m/jam. Seorang wanita petugas pelabuhan menunda kunjungannya ke kapal dengan alasan pada saat itu lebih sedikit anak tangga yang harus dinaikinya. Tepat pada pukul 13.00, berapakah anak tangga yang harus dinaikinya bila pasang naik dengan laju tetap?




Jawaban:
  1. Keduanya sama berat.
  2. Di dalam lubang tidak ada tanah.
  3. Rp 5.000,00 bukan Rp 10.000,00
  4. Seekor babi hutan yang tertembak.
  5. Kapal ikut naik seiring naiknya permukaan laut, jadi banyaknya anak tangga yang harus dinaikinya tetap 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar