Jumat, 10 Juli 2009

Tips Mencari dan Mengelola Ide dalam Menulis

Menemukan ide merupakan hal yang cukup sulit yang sering dihadapi oleh penulis, terutama penulis pemula. Terkadang ide muncul tiba-tiba tanpa kita duga sebelumnya. Akan tetapi, kadang-kadang ide yang kita perlukan tidak muncul-muncul juga meskipun kita sudah berpikir selama berjam-jam. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk memunculkan dan mengelola ide dalam menulis.

Pertama, selalu membawa catatan kecil di saku. Seperti yang telah dikatakan di atas, ide seringkali datang tiba-tiba. Mungkin saat kita sedang jalan-jalan santai, saat sedang belajar, sedang makan, bahkan saat kita sedang berada di kamar mandi tiba-tiba terlintas ide dalam benak kita. Sayangnya, ide yang muncul tiba-tiba tersebut biasanya tidak akan bertahan lama dalam memori otak kita. Beberapa saat kemudian, kita sudah lupa akan ide yang tadi sudah terlintas. Di sinilah pentingnya kita selalu membawa catatan kecil kemanapun kita pergi. Saat ide tiba-tiba terlintas, kita harus segera mencatatnya dalam catatan kecil kita tadi sehingga tidak akan hilang. Yang perlu kita catat hanyalah idenya saja, sedangkan penembangannya dapat kita lakukan saat di rumah. Saat ini, kita dapat mencatat ide-ide tersebut dengan HP kita sehingga tidak perlu repot-repot membawa catatan kecil. Akan tetapi, alangkah lebih baik kalau kita memang punya catatan kecil khusus untuk menulis ide.

Kedua, lihatlah dunia luar. Saat sedang suntuk karena tidak mempunyai ide untuk ditulis, janganlah kita berdiam diri dalam kamar saja. Keluarlah! Kita bisa berjalan-jalan ke pasar tradisional, mall, stasiun, terminal, atau ke tempat-tempat ramai lainnya. Perhatikanlah keadaan di sana! Kita dapat melihat berbagai macam aktivitas manusia di keramaian tersebut. Dari apa yang kita lihat, kita dapat menjadikannya sebagai bahan tulisan. Misalnya di pasar kita melihat ibu-ibu yang menjadi buruh gendhong, maka kita dapat menulis tentang perempuan-perempuan yang perkasa yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Lebih baik lagi kalau tulisan kita dikaitkan dengan Hari Kartini. Contoh lain, saat kita melihat anak-anak yang sedang mengamen di jalanan, kita dapat menulis tentang mereka dari berbagai sudut pandang, misalnya dari sudut pandang moral, hukum, pendidikan, sosial, sampai politik.

Sebenarnya masih banyak tips-tips untuk menemukan dan mengelola ide dalam menulis. Akan tetapi, dua tips di atas merupakan tips dasar yang perlu kita ketahui bersama. Semoga bermanfaat!

1 komentar: