Minggu, 02 Agustus 2009

Fall in Love Everyday

Salah satu tugas rutin yang harus dilakukan oleh pelajar/mahasiswa adalah belajar, yakni mempelajari tentang segala sesuatu yang ingin kita pelajari. Sesungguhnya, kita sudah melakukan kegiatan belajar sejak masih bayi. Mulai belajar makan, berbicara, berjalan, membaca, berhitung, sampai menyanyi. Setelah usia semakin dewasa, kita diharuskan untuk belajar di sekolah. Belajar di sekolah atau kampus seringkali menjadi aktivitas yang begitu membosankan bagi kita. Apalagi begitu menjelang test atau ujian. Kita harus belajar dengan keras, tidak hanya di sekolah atau kampus saja, tetapi juga di rumah.Agar kita dapat belajar dengan baik, kita harus menganggap bahwa aktivitas belajar merupakan aktivitas yang menyenangkan, bukan membosankan. 

Judul di atas tidak dimaksudkan untuk “mengecewakan” pembaca karena isi tulisan ini tidak sesuai dengan yang disangka sebelumnya. Akan tetapi, judul tersebut ingin saya kaitkan dengan bagaimana kita bisa membuat suasana belajar yang menyenangkan dengan jatuh cinta setiap hari. Jatuh cinta?

Jangan berpikir kemana-mana dulu! Jatuh cinta tak hanya kepada lawan jenis saja kan? Kita bisa jatuh cinta pada apa saja, bisa pada hewan peliharaan, benda kesayangan, sampai jath cinta pada alam sekitar yang mempesona. Kalau kita ingin agar aktivitas belajar menyenangkan, kita harus “jatuh cinta” pada aktivitas belajar itu sendiri. Bagaimana caranya?

Cinta bisa diartikan ketertarikan seseorang akan sesuatu yang memancarkan keindahan. Keindahan berarti luas. Kalau keindahan itu ada pada diri manusia, mungkin bisa berupa paras yang cantik atau tampan, suara yang merdu, atau bentuk tubuh yang aduhai. Keindahan dalam belajar berarti suasana belajar indah, yang membuat kita merasa nyaman dan tidak cepat merasa bosan. 

Kita bisa membuat suasana belajar yang indah sesuai dengan tempat kita belajar. Kalau kita belajar di kamar, sesekali buatlah kamar kita tidak seperti biasanya. Misalnya, menata ulang layout kamar kita. Pindahkan atau saling pertukarkan letak lemari, meja belajar, kursi, dan tempat tidur di kamar kita. Kita akan mendapatkan suasana baru yang mungkin lebih nyaman buat kita untuk belajar. Selain itu, kita juga bisa mendekor ulang kamar kita dengan desain sebelumnya. Contohnya adalah dengan menempelkan poster-poster pada dinding kamar. Kita bisa menempelkan poster apa saja sesuai selera kita. Kalau kita penggemar sepakbola, kita bisa menempelkan poster pemain bola favorit kita. Kalau kita fans berat artis tertentu, kita bisa juga menempelkan posternya di kamar kita. Selain menambah keindahan, poster-poster tersebut juga bisa menginspirasi kita. Selain poster-poster yang menjadi selera kita, hendaknya kita menempelkan juga poster yang menggambarkan keindahan alam. Poster tentang alam akan membuat suasana hati kita menjadi lebih tenang dan damai.

Jika bosan belajar di kamar, sesekali belajarlah di tempat yang tidak biasa untuk mencari suasana baru yang lebih segar. Contohnya, kita bisa belajar di atas pohon, di lapangan, di sawah, bahkan di kuburan. Saya pernah mempunyai seorang teman yang sering belajar di kuburan karena suasananya sepi sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. Yang jelas, di mana pun tempat yang kita pilih untuk belajar, kita harus bisa berkonsentrasi belajar di tempat tersebut. 

Belajar memang harus dibarengi dengan suasana menyenangkan kalau ingin mendapatkan hasil maksimal. Kita harus melakukan yang terbaik yang kita bisa untuk membuat belajar itu menyenangkan. Jadi kita memang harus fall in love everyday agar hidup kita menyenangkan, tidak hanya pada saat belajar. Katakanlah “everyday I love you” saat kita akan melakukan aktivitas apa pun sehingga kita bisa mendapatkan yang terbaik yang kita inginkan sebagaimana lirik lagunya Boyzone “Everyday I Love You” berikut:

I never thought that dreams came true 
But you showed me that they do 
You know that I learn something new 
Everyday I love you
...........................................................

If I asked would you say yes? 
Together we're the very best 
I know that I am truly blessed 
Everyday I love you 
And I'll give you my best
Everyday I love you



Tidak ada komentar:

Posting Komentar