Jumat, 26 Juni 2009

Tes Kreativitas

Bagi yang ingin menguji seberapa kreatifkah diri Anda, silakan kerjakan tiga soal di bawah ini. Waktu mengerjakan tiap soal adalah 5 menit. Jadi, ketiga soal di bawah ini harus dikerjakan dalam waktu 15 menit saja. Kalau sudah selesai, silakan cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban di bawah soal. Selamat mencoba!
  1. Pabrik coklat “GOLDQUEEN” sedang mengadakan promosi, yaitu delapan bungkus kosong coklat “GOLDQUEEN” dapat ditukarkan dengan satu batang coklat gratis. Wati yang sangat suka coklat membujuk teman-temannya untuk memberikan bungkus coklatnya padanya. Pada akhir masa promosi, Wati berhasil mengumpulkan 71 bungkus coklat kosong. Berapa batang coklat “GOLDQUEEN” gratis yang berhasil diperoleh Wati dan berapakah sisa bungkus coklat kosongnya?
  2. Seorang direktur keuangan pabrik makanan ringan untuk anak-anak (snack) sedang mempelajari neraca keuangan akhir tahun dengan penuh perhatian. Pendapatan kotor dari salah satu produknya yang terkenal sebesar Rp 1.000.000.000,00. Yang membuatnya takjub bukanlah nilai total penjualan produk tersebut, melainkan bahwa banyaknya snack yang terjual dan harga snack tersebut tidak mengandung satu pun angka nol. Berapa bungkus snack yang terjual dan berapakah harganya?
  3. Seorang tukang taman sedang kebingungan karena ia disuruh menanam 10 batang pohon di taman kota. Syaratnya, kesepuluh pohon tersebut harus ditanam dalam lima baris dan tiap baris harus terdapat empat batang pohon. Bagaimanakah susunan penanaman kesepuluh pohon tersebut?



Jawaban:
  1. ati memperoleh 10 batang coklat gratis. Dengan menukarkan 64 dari 71 bungkus coklat yang ia miliki, Wati memperoleh 8 batang coklat gratis. Namun, setiap batang coklat gratis tentu mempunyai bungkus sehingga ia mendapat satu batang coklat gratis lagi. Bungkus yang satu ini digabungkan dengan 7 bungkus sisanya semula. Lagi-lagi ia mendapatkan satu bungkus coklat gratis. Jadi, seluruhnya ia memperolah 8+1+1 = 10 batang coklat gratis. Wati masih menyimpan 1 bungkus coklat kosong sebagai kenang-kenangan atas keberuntungannya.
  2. 1 000 000 000 = 10^9 = 2^9 x 5^9 = 512 x 1 953 125. Kesimpulan yang logis adalah 1 953 125 bungkus snack terjual dengan harga Rp 512,00.
  3. Penanaman pohon harus disusun sebagai berikut:

1 komentar: