Rabu, 13 Mei 2009

Kuliah di Amerika dari Indonesia, MAU?

Bercita-cita kuliah di Amerika Serikat? Tentu banyak dari kita yang menjawab “ya”. Kualitas pendidikan yang terjamin merupakan daya tarik utama untuk meneruskan studi di Negeri Paman Sam. Siapa sih yang gak kenal Massachusset Institute of Technology (MIT) atau Harvard University. Kedua universitas tersebut merupakan kiblat pendidikan di perguruan tinggi karena dari tahun ke tahun selalu menempati rangking teratas World Top Universities.

Cita-cita boleh tinggi, tapi bagaimana kalau nggak punya uang? Eits! Jangan berkecil hati dulu. Walaupun kita tidak bisa pergi secara langsung ke Amerika, kita bisa kok menikmati kuliah dari profesor-profesor terkenal dari universitas-universitas top Amerika. Caranya? Baca baiki-baik, ya!

Beberapa waktu lalu, beberapa universitas top Amerika meluncurkan sebuah website yang berisi kumpulan video perkuliahan dari profesor-profesor terkenal. Ada 6 unversitas yang bergabung, yaitu University of Berkeley, MIT, Harvard University, Princeston University, Yale University, dan Stanford University. Kumpulan video ini dapat dilihat di http://academicearth.org. Di sini kita bisa menemukan ribuan video perkuliahan yang diampu oleh para profesor dari universitas-universitas tersebut. Enaknya lagi, video-video tersebut sudak dikelompokkan menjadi beberapa subjek sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Ada 18 subjek lho, meliputi astronomy (astronomi), biology (biologi), chemistry (kimia), computer science (ilmu komputer), economics (ekonomi), engineering (ilmu rekayasa / teknik), english (bahasa Inggris), entrepreneurship (kewirausahaan), history (sejarah), law (hukum), mathemathics (matematika), medicine (kedokteran), phylosophy (filsafat), physics (fisika), political science (ilmu politik), psychology (psikologi), dan religion (agama).

Pokoknya dijamin puas, deh! Selain mendengarkan kuliah dari profesor, seringkali juga disisipi ilustrasi dan peragaan yang menarik. So pasti, semuanya dalam bahasa Inggris. Gak masalah la yaw! Kan dah niat mo kuliah di Amerika.

So, puas kan? Selamat deh! Kamu dah diterima di Harvard University. Tapi kuliahnya dari Indonesia saja yaaaaa………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar